Sukses Menjaga Loyalitas Pelanggan, Begini Kuncinya

Konsumen yang senang akan terus kembali ke bisnis yang Anda kelola. Manajemen bisnis yang baik serta dapat memberikan apa yang diinginkan pelanggan bisa menambah loyalitas pelanggan sudah didapat. Tapi bagaimana dengan menjadi keloyalan pelanggan tersebut?

Menjaga sesuatu lebih sulit daripada mendapatkannya, oleh karena itu, butuh cara agar dapat menjaga loyalitas dari pelanggan bisnis Anda. 

Mengembangkan program loyalitas susah dan memakan banyak waktu? Tidak dengan OttoPoint. Temukan solusi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan budget bisnismu. Kenaikan profit bukan impian lagi. Berikut adalah beberapa cara menjaga loyalitas dari pelanggan pada bisnis yang Anda miliki.

1.   Jangan Tutup Telinga pada Pelanggan

Pelanggan adalah backbone untuk sebuah bisnis. Konsumen baru pun akan melihat para pelanggan yang selalu setia memilih bisnis Anda, jadi jika ada keluhan atau saran dari pelanggan jangan pernah menutup telinga.

Sikap acuh ini dapat membuat pelanggan kecewa dan merasa tidak dihargai, jika sudah kecewa pelanggan bisa saja mencari bisnis lain yang dirasa dapat memberikan kepuasan berbelanja dengan pelayanan yang lebih baik.

Jika mendapat keluhan jangan malu untuk meminta maaf dan memperbaiki keluhan yang didapat. Sebaliknya, jika Anda mendapat saran atau feedback dari pelanggan jangan lupa berterima kasih dan mengapresiasi feedback yang telah diberikan.

2.   Berikan Platform untuk Follow Up Bisnis

Sosial media berperan penting sebagai penyedia platform untuk bisa memberikan follow up bisnis Anda kepada pelanggan, terutama bisnis online. Instagram, TikTok, Email, dan website resmi bisa Anda gunakan sebagai platform tersebut.

Di sosial media Anda bisa memberikan banyak kesempatan pelanggan untuk bisa mengetahui keadaan produk-produk yang dijual. Ketersediaan barang, barang yang habis, atau juga barang baru yang diluncurkan oleh bisnis Anda. Para pelanggan lama dan baru pun jadi semakin tertarik terhadap bisnis Anda.

3.   Konsisten dan Transparan

Konsistensi dan transparansi juga jadi cara untuk menjaga loyalitas dari para pelanggan. Konsistensi dan transparansi dalam bentuk pelayanan serta kualitas produk yang Anda miliki.

Contohnya pengiriman barang, konsistensi untuk dapat mengirim barang dengan cepat jadi nilai plus. Pada segi transparansi, segera hubungi pelanggan jika terjadi keterlambatan pengiriman, atau adanya perubahan tertentu.

Menjaga loyalitas pelanggan memang tidak mudah, tapi dengan pelayanan yang baik serta adanya keinginan untuk selalu jadi bisnis yang lebih baik pun sudah akan mendapat apresiasi dari para pelanggan dan dapat meningkatkan kepercayaan customer.


Pelajari juga cara meningkatkan penjualan serta membuat pelanggan menjadi lebih setia terhadap produk anda yang mungkin bisa diterapkan untuk usaha Anda untuk info lengkapnya bisa ditemukan di https://www.ottopoint.id/id/article/strategi-sukses-meningkatkan-penjualan-agar-omset-bisnis-semakin-melejit