Langkah Mengaci Dinding untuk Pemula dengan Semen Mortar

Pernah mendengar mengaci dinding? Rasanya proses finishing dalam pembuatan dinding dengan melapisi dinding memanfaatkan acian. Dalam proses pengerjaannya membutuhkan ketelitian tinggi ini masih asing untuk beberapa orang. Namun, yang perlu diperhatikan pertama kali adalah teknik dari mengaci di mana dalam proses pembangunan serta pemolesan dinding harus dilakukan dengan baik. Yuk, kepoin langkah mengaci dinding untuk pemula! 

Untuk referensi anda, akan kami sajikan informasi terkait produk unggulan yang paling dicari, terutama produk instan, ini dia produknya bisa anda temukan di www.id.weber/id 

Eits, tetapi perlu memastikan permukaan plester tersebut halus serta rata untuk menghemat bahan acian yang diperlukan. Serta ada beberapa hal yang harus disiapkan, yaitu bahan apa yang perlu ada sebelum mulai mengaci dinding. Ada pula beberapa langkah yang perlu dilakukan, sebagai berikut :

  1. Mengisi ember kecil dengan bubuk semen. 
  2. Menuangkan campuran sehingga menjadi pasta. 
  3. Terus menambahkan air sampai semen mengencer. 
  4. Bila terlalu cair, tambahkan bubuk semen secukupnya. 
  5. Saat campuran semen dan air sudah pas menjadi pasta. Gunakan sebagiannya untuk diaplikasikan ke dinding. 

Langkah yang Harus Diikuti untuk Mengaci Dinding :

  1. Mengondisikan Dinding

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan apabila dinding sudah kering sebelum menggunakan aci. Setelah proses pemlesteran dilakukan, kurang lebih biarkan dinding selama 2 minggu. Namun, selama itu terus ingat untuk membasahi dinding untuk membuat acian mengering lebih lama. 

2. Basahi Plesteran

Jangan lupa untuk membasahi plesteran kering sampai jenuh. Hal ini dilakukan agar plesteran tidak menyerap terlalu banyak air saat proses mengaci dilakukan. Aci pun tidak akan melekat sempurna, sebab plesteran telah menyerap banyak air dari dalamnya. 

3. Waktu Ideal Pengacian

Untuk mempertahankan kualitas acian, Anda perlu memperhatikan waktu pengacian yang sangat mempengaruhinya. Apabila proses mengaci dalam kurun waktu yang lama, akibatnya dinding akan lembab. Kalau proses pengacian terlalu cepat maka dinding akan mudah retak dan kering. 

Idealnya pengacian dilakukan kurang lebih 20-30 menit, di mana Anda harus selesai melapisi dinding dengan acian dan sudah siap dipoles. 

4. Ketebalan Acian

Dalam proses pengacian juga perlu memperhatikan ketebalannya. Hal ini bisa diakali dengan baik untuk mendapatkan acian dengan kualitas bagus. Sempurnanya, ketebalan acian kurang lebih 1-3 milimeter. Eits, tapi ingat untuk menutup lubang dinding dengan semen sebelum proses pengacian. 


Nah, itulah langkah mengaci dinding untuk pemula yang direkomendasikan menggunakan semen mortar. Semen ini memiliki banyak keunggulan di antaranya mudah digunakan oleh pemula, hasil yang didapatkan bagus, dan tahan lama. Simak juga informasi cara plester bangunan yang baik dan benar supaya bangunan tahan lama di https://www.id.weber/id/solusi-dinding