Simak Strategi Meraih Kebebasan Finansial pada tahun 2022 dengan Investasi Saham

Investasi adalah sebuah bisnis yang dijalankan dengan bentuk penanaman modal dalam jangka panjang maupun jangka pendek dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Terdapat keuntungan dan kerugian dari investasi saham. Modal yang diinvestasikan pada umumnya dikelola oleh perusahaan sekuritas yang melibatkan pihak – pihak yang kompeten serta mempunyai tanggung jawab yang sesuai dengan keahliannya.

Apa itu Saham ?

Saham adalah salah satu bentuk penyertaan modal yang diberikan oleh perseorangan maupun badan usaha kepada sebuah perusahaan untuk dikelola sehingga menghasilkan keuntungan. Dengan adanya penyertaan modal yang diberikan maka perusahaan tersebut berhak untuk mengelola dana. Pada dasarnya harga saham pada sebuah perusahaan akan mengalami fluktuasi sehingga harga saham dapat berubah-ubah dalam setiap harinya.

Bagi anda yang masih awam tentang investasi saham, www.most.co.id/saham menyediakan produk investasi saham dengan kelas investasi gratis di dalamnya.

Keuntungan dan kerugian dari investasi saham

Terdapat beberapa keuntungan yang didapatkan apabila anda berinvestasi pada saham. Adapun keuntungan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Mendapatkan Hasil dari Dividen

Dividen adalah bagian keuntungan yang diberikan kepada seluruh pemegang saham yang mana jumlahnya akan diusulkan oleh Dewan Direksi perusahaan serta harus disetujui pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

2. Capital Gain

Capital Gain adalah keuntungan yang didapatkan oleh investor dari selisih harga pada saat saham dibeli dan dijual. Berbicara mengenai saham, terdapat dua jenis investor yang menanamkan sahamnya pada sebuah perusahan, adapun kedua jenis ini yakni  investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Pada investasi jangka pendek, seorang investor akan membeli sejumlah saham dengan harga saat itu juga, kemudian menjual kembali saham yang telah dibeli pada saat harga saham naik. Sedangkan investasi jangka panjang adalah penanaman modal dengan jangka panjang yakni 1 tahun lebih. Selisih harga dari hasil penjualan pada jenis investasi jangka pendek disebut dengan capital gain.

Kerugian dari Investasi dalam Bentuk Saham

Banyak ditemukan keuntungan dan kerugian membeli saham. Dalam sebuah bisnis yang berbentuk investasi tentunya memiliki risiko kerugian yang akan ditanggung oleh investor. Beberapa kerugian tersebut adalah sebagai berikut :

1. Tidak mendapatkan hasil dividen

Keuntungan dalam bentuk dividen dapat dibagikan ketika perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan yang besar. Sehingga apabila perusahaan mengalami kerugian maka para pemegang saham tidak akan mendapatkan keuntungan dari dana dividen.

2. Capital loss

Istilah capital loss tentu saja sudah tidak asing bagi anda yang tertarik pada dunia bisnis. Capital loss merupakan kerugian yang ditanggung oleh investor dari selisih harga pada saat dibeli. Hal ini berarti investor menjual saham miliknya dibawah harga saham pada saat dibeli.

3. Risiko Liquiditas

Keuntungan dan kerugian dari investasi dalam bentuk saham dapat berbentuk risiko likuiditas adalah keadaan perusahaan bangkrut dan tidak mampu mengembalikan hak klaim seluruh pemegang saham sebab apabila perusahaan bangkrut maka perusahaan diwajibkan untuk mengembalikan seluruh dana aktiva. Apabila dana aktiva dikembalikan dan tidak meninggalkan sisa maka para pemegang saham berkemungkinan tidak akan mendapatkan dana dari klaim.

Itulah strategi kebebasan finansial pada tahun 2022 dengan investasi saham. Bagi anda yang baru ingin memulai berinvestasi tidak ada salahnya mencoba investasi reksa dana, MOST juga menyediakan produk investasi reksa dana yang murah bisa dibeli mulai dari Rp 10.000 dan bebas pajak di https://www.most.co.id/reksa-dana