akuisisi pelanggan

7 Cara Meningkatkan Retensi Pelanggan dengan Program Loyalitas yang Efektif. Pengusaha Wajib Tahu!

Sebagai pebisnis tentu tidak asing lagi dengan istilah retensi pelanggan, yaitu cara atau keahlian perusahaan dalam mengubah pelanggan menjadi pembeli berulang serta menjaga agar mereka tidak berganti ke perusahaan pesaing. Dari retensi pelanggan inilah perusahaan bisa tahu produk serta kualitas pelayanan bisa memuaskan pelanggan atau tidak. Nah, mengingat mendapatkan pelanggan tidak mudah, tentu Anda ingin mempertahankannya, bukan? Yuk, simak penjelasan cara meningkatkan retensi pelanggan! 

1. Menyediakan customer service yang baik

Guna meningkatkan pelayanan bagi pelanggan, Anda perlu memberikan pengalaman yang baik dan konsisten untuk pelanggan. Sehingga pelanggan selalu merasa di perhatikan dengan baik. Jadi, tetap usahakan untuk berbicara melalui telepon, e-mail, dan lainnya  

Baca Juga: Pentingnya Mengatur Strategi Untuk Akuisisi Pelanggan

2. Menggunakan data yang telah dikumpulkan

Fakta menarik dari pelanggan adalah ingin penyedia produk mengetahui riwayat pembelian. Selain itu, dengan mengetahui detail yang relevan pun bisa memungkinkan Anda memberikan pelayanan. Maka dari itu, penting untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk memberikan pelayanan yang sesuai. 

3. Memanfaatkan media sosial

Di era digital ini juga penting untuk mempertahankan pelanggan dengan melibatkan pengikut Anda serta membangun komunitas di sekitar brand. Sehingga, Anda dapat membagikan konten yang sesuai dengan target pasar. 

4. Mendorong loyalitas

Cara meningkatkan retensi pelanggan yang paling efektif adalah dengan menghargai mereka. Dalam hal ini, Anda dapat menyediakan program penawaran khusus, seperti diskon, reward, dan program loyalitas. 

5. Mengumpulkan feedback pelanggan

Dengan mengumpulkan feedback dari pelanggan melalui kabar dari mulut ke mulut bisa membuat Anda bisa menyesuaikan pelayanan serta memperbaiki apa yang kurang. Sehingga, Anda bisa menyusun strategi dan berhasil ditetapkan pada pelanggan. 

Baca Juga: Pentingnya Indikator Loyalitas Pelanggan Bagi Keberlangsungan Usaha Anda

6. Mengembangkan layanan dukungan

Fitur live chat maupun bantuan bisa memudahkan pelanggan mengetahui informasi lebih jauh tentang produk atau jasa yang Anda sediakan. Hal itu puji akan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

7. Meng-update informasi bisnis

Terakhir, tetapi tidak kalah penting dari yang lainnya adalah memberikan informasi pada pelanggan tentang produk serta launching terbarunya. Tak hanya itu, penting bagi Anda untuk mempertahankan komunikasi dengan broadcast maupun push notification. 

Demikianlah 7 cara meningkatkan retensi pelanggan yang membantu pengembangan bisnis Anda. Retensi pelanggan sendiri bisa mempertahankan pelanggan bahkan membuat mereka menjadi pelanggan setia, hal ini pun membuat bisnis lebih efektif dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.